Kamis, 25 Desember 2014

Alat Penyelenggaraan Makan Dari Berbagai Bahan Dasar

I.            BAHAN DASAR DAN CARA PERWATAAN
       
        Sifat dan kegunaan alat-alat penyelenggaraan gizi kuliner banyak tergantung dari bahan atau material yang digunakan untuk membuat alat itu. Macam material/bahan dasar peralatan antara lain:
a.                   Aluminium
            Aluminium bersifat ringan, mudah dibentuk, cepat panas, sebagai konduktor yang  baik untuk panas dan listrik.Tidak tahan larutan yang bersifat asam atau alkali, sehingga aluminium tidak dianjurkan untuk masakan yang asam karena panic akan menjadi cepat rusak dan warna akan berubah menjadi buram dan dapat mempengaruhi rasa masakan.
Cara pemeliharaan alat dari aluminium dicuci dengan sabun atau deterjen yang lunak atau yang khususdan alat penggosok dipakai yang tidak dapat membuat goresan pada panci atau yang dapat merusak panci
b.                  Besi
            Besi bersifat berat sehingga jarang digunakan untukalat masak. Mudah berkarat, mempengaruhi rasa masakanan, berbahaya, sulit pemeliharaannya dan tidak menarik serta lambat menyerap panas tetapi lama menahan panas.
Cara pemeliharaannya, setelah alat dipakai segera dicuci dan dikeringkan, diulas minyak dahulu bila hendak disimpan. Hal ini untuk mencegah timbulnya karat.
c.                   Steel atu logam berat
            Lebih berat dari pada besi, dapat berkarat, kuat dan awet. Dapt digunakan sebagai pengganti besi.
Cara pemeliharaannya seperti alat dari besi
d.                  Stainless steel
            Stainless steel atau baja nirkarat atau logam yang sebagian zat

4
karbonnya diganti dengan chromium atau nikel. Alat dari stainless steel
bersifat kuat, menarik, dan mudah dibersihkan, tidak berkarat, tahan asam atau basa. Tidak mempengaruhi warna atau rasa masakan.
Cara membersihkannya tidak boleh dicuci dengan menggunakan abu gosok atau vim
e.                   Tanah atau earthenware
          Alat masak tradisional banyak terbuat dari tanah sekarang sudah jarang ditemukan, namun ada masakan tertentu yang justru lebih enak jika menggunakan alat terbuat dari tanah seperti gudek
f.                   Plastik, linoleum, venyl atau melamin
          Sering digunakan untuk lapisan atau pembungkus suatu alat yang sifatnya melindungi dari benturan dan panas. Alat yang berkualitas baik mudak dibersihkan dengan sabun biasa. Tahan zat-zat kimiabyang biasa digunakan saat memasak. Melamin atau venyl tahan cairan atau masakan panas yang berkualitas tinggi, tidak mudah pecah, tahan banting, dan tidak mempengaruhi bau makanan.
Setelah kita ketahui bahan dasar dan cara perawatannya kita akan mengetahui persiapan, pengolahan, alat masak dan alat hidang.








II.            MENYAMPAIKAN PERALATAN BERDASARKAN PENGELOMPOKAN ALAT
Ø Alat Persiapan

Ada berbagai macam alat persiapan masak yang sering digunakan masyarakat dalam mengolah makanan. . Funsi utama alat ini untuk membantu memudahkan menyiapkan bahan makanan yang akan diolah atau mengolah makanan menjadi hidangan yang lain, dimana setiap alat ini mempunyai fungsi yang dapat membantu dalam pengolahan makanan yaitu :

·                 Alat persiapan untuk daging, unggas, dan hasil laut, contohnya; meja kerja, mesin pemotong tulang, mesin pengiris daging (slicer), mesin penggiling daging (Mincer), mesin pelunak daging (tenderizer), talenan, pisau daging, pisau ikan, pisau buah, pisau roti, dan pisau tulang, gunting dan lain-lain.
·           Alat persiapan untuk sayuran, seperti meja kerja, telenan, mesin pengupas sayuaran, mesin pemotong/pemarut, dan lain-lain.
·           Macam-macam parutan, antara lain parutan kelapa, parutan pala, parutan keju, dan parut gobet.
·                 Macam-macam saringan, misalnya saringan santan dan ayakan tepung.
·                 Selain itu, ada penggilingan daging, pengahalus kentang, pengocok telur, sendok ukuran, mangkuk ukuran atau gelas ukuran, timbangan bahan makanan atau timbangan diit, dan alat-alat lain, misalnya waskom , cobek dan anak cobek ( ulekan ), dan berbagai macam cetakan.
·                      Semua  ini mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.



6

·                Meja kerja/meja dapur
Meja dapur atau meja kerja memasak memiliki berbagai fungsi pertama sebagai meja kerja atau meja persiapan, dimeja inilah biasannya kerja memasak dimulai, misalnnya mengumpulkan bahan makanan. Selain bahan makanan, perangkat memasak juga diletakkan di atas meja kerja, misalnnya telenan wadah wadah lainnya. Berfungsi tempat makanan siap santap sebelum dipindahkan ke meja makan.


·                Pisau
Pisau merupakan alat yang sering digunakan dalam mengolah makanan, ada beberapa jenis pisau yang dapat digunakan dalam mengolah berbagai makanan, namun pada umunya pisau ini digunakan untuk memotong, mencincang dan membersihkan berbagai jenis makanan.berbahan dasar besi.

Chef Knife
Dalam memasak, koki pisau, juga dikenal sebagai pisau juru masak, adalah alat pemotong yang digunakan dalam persiapan makanan . Pisau koki awalnya dirancang terutama untuk mengiris dan memotong besar saling lepas dari daging sapi . Hari ini adalah pisau utilitas umum utama bagi sebagian besar koki barat.

Boning Knife
Sebuah pisau dapur adalah setiap pisau yang dimaksudkan untuk digunakan dalam persiapan makanan . Sementara sebagian besar pekerjaan ini dapat dicapai dengan beberapa pisau untuk keperluan umum - terutama besar koki pisau , sulit golok , dan kecil pisau pengupas - ada juga banyak pisau khusus yang dirancang untuk tugas-tugas tertentu. Pisau dapur dapat dibuat dari beberapa bahan yang berbeda.


7
Piller
Piller ini paling banyak digunakan dikalangan masyarakat untuk memotong buah buahan.

Cleaver atau Pisau Daging
Pisau ini agak berat dan dipergunakan untuk memotong daging

Filet Knife
Untuk memfilet  ikan.



Bread Knife
Pisau panjang yang sebelah sisinya persegi.pisau ini memudah kan kita memotong roti agar tidak hancur. Terutama roti yang agak keras tapi di salamnnya lembut. 


·         Mesin Bone Saw dari Ramesia Mesin berfungsi sebagai mesin pemotong daging dan tulang seperti buntut sapi, untuk olahan makanan anda. Mesin Pemotong Tulang ini dapat digunakan untuk memotong daging dan ikan beku serta olahan-olahan lainnya. Mesin Bone Saw sangat bermanfaat bagi Industri skala besar maupun skala rumah tangga, khususnya usaha di bidang jasa catering, restoran, serta usaha di bidang kuliner lainnya. Mesin Bone Saw dari Ramesia Mesin terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tidak mudah berkarat. 

                                                                    8

·         Mesin pengiris daging (meat slicer) adalah mesin yang bisa Anda gunakan sebagai pengiris / pemotong daging beku. Mesin meat slicer ini sangat cocok untuk industri pengolahan daging. Mesin terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tidak mudah berkarat. 



·         Mesin giling daging atau sering disebut meat grinder adalah alat atau mesin yang digunakan untuk menggiling daging menjadi bentuk lebih halus. Meat Grinder banyak digunakan oleh pengusaha-pengusaha bakso, sosis, dan pengusaha lainnya yang bergerak dibidang usaha yang berkepentingan dengan daging yang halus dan dihaluskan terlebih dahulu. Mesin terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tidak mudah berkarat. 
9

·         Meat Grinder Mesin meat grinder biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang mana akan menghasilkan higienitas dan juga kebersihan terhadap daging yang diolah, mesin kami memiliki loyang yang terbuat stainless dengan body dan alat giling yang juga terbuat dari baja stainless. Selain itu, mesin kami memiliki putaran mesin yang stabil dengan output yang besar. Mesin terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tidak mudah berkarat. 

·         Panci presto berfungsi untuk melunakkan aneka makanan (ayam, bebek, daging, dll) sehingga lebih mudah diolah dan lebih nikmat untuk disantap. Misalnya saja bebek, jika diolah dengan mesin ini akan lunak dan nikmat. Berbeda jika bebek diolah tanpa panci presto, maka dagingnya akan tetap keras. Alumunium casing  Safety valve
·         Sendok Ukur : Fungsinya hampir sama dengan gelas ukur. Banyaknya jenis sendok makan yang dimiliki setiap rumah tangga sehingga tidak dapat dijadikan ukuran yang standar. Ukuran yang sering digunakan, diantaranya 1 sendok teh hingga 1/8 sendok teh.

·         Gelas Ukur : Digunakan untuk mengukur bahan cair seperi air atau susu cair. Tempatkan gelas ukur diatas permukaan yang datar. Pada gelas ukur biasanya ada tulisan cup, cc atau ml. Nah, untuk mengukur cairan gunakan cc atau ml.
10


·         Timbangan : Ada banyak jenis timbangan, pilihlah yang akurat, dimana angkanya mudah terbaca dan gerakan jarum penunjuknya benar dan stabil. Atau, jika ingin lebih akurat, Anda bisa menggunakan timbangan digital. Tanpa timbangan yang akurat, jangan harap roti yang dihasilkan seperti yang diharapkan.

·         Baskom yang paling banyak dicari adalah baskom yang terbuat dari bahan plastik karena harganya yang lebih murah. Jika dibandingkan dengan baskom stainless steel dan keramik, baskom plastik lebih digemari oleh masyarakat selain harganya yang murah juga baskom plastik dianggap lebih awet dari pada baskom stainless dan keramik.

11
·        Cobek dan ulekan
                               Kedua alat ini tidak bisa dipisahkan karena saling berhubungan. Cobek dan ulekan digunakan untuk menghaluskan bahan makanan yang akan diolah. Mekanisme kerja dari alat ini dapat dikatakan masih tradisional karenan masih bersifat manual.
Bahan dasar     : batu atau semen kadang juga dari kayu Cara perawatan                                         : 1.       Sterilkan cobek Anda secara rutin, Caranya:
●       Rendam cobek dalam air panas, lalu basuh cobek dengan sabun.
●       Bilas cobek dengan air bersih sampai sabun benar-benar bersih
●       Sterilkan cobek batu dalam oven bersuhu 190°C selama 15-20 menit. Tenang saja, proses pemanasan ini tidak akan merusak cobek Anda, tapi justru akan membunuh kuman yang menempel pada cobek. Setelah selesai, tunggu cobek sampai dingin sebelum mulai digunakan lagi.
2. Untuk membersihkan cobek hingga terlihat lebih bersih, lakukan langkah-langkah berikut ini:
●       Cuci cobek batu dengan sabun sampai beberapa kali.
●      Lumatkan akar batang sayuran hijau, misalnya akar kangkung atau bayam.
●       Ulek ampas kelapa parut pada seluruh permukaan cobek bagian dalam.
●       Ulangi proses di atas sampai beberapa kali.
●       Cara di atas berfungsi mengangkat sisa kotoran pada cobek sehingga cobek terlihat lebih mengkilap dan bersih. Cara ini juga perlu dilakukan sebelum cobek baru digunakan untuk pertama kali.





                       12

·         Pemarut/ Parut
adalah alat tradisional yang dirancang khusus untuk menghaluskan atau memperkecil partikel suatu benda yang dikatagorikan benda lunak ( amoh) tapi tidak lembek.Berbahan dasar seng












·         Talenan
      Ada dua jenis talenan yang biasa digunakan dalam pengolahan makanan yaitu talenan yang berasal dari kayu dan talenan yang berasal dar plastik. Kedua jenis talenan ini digunakan sebagai tempat untuk memotong, membersihkan dan mencincang bahan makanan. Dalam penggunaan talenan harus dipisahkan antara talenan daging dengan talenan bahan makanan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menhindari terjadinya kontaminasi bakteri dari daging tersebut.Berbahan dasar kayu atau plastik












·         Ayakan atau saringan 
adalah alat yang digunakan untuk memisahkan bagian yang tidak diinginkan berdasarkan ukurannya, dari dalambahan curah dan bubuk yang memiliki ukuran partikel kecil dan bahan adonan atau campuran dari cairannya.






13








Ø ALAT PENGOLAH MAKANAN

Alat Pengolahan Yang dimaksud dengan alat pengolahan adalah alat-alat dapur yang langsung digunakan untuk mengolah makanan, seperti berikut :

(a).  Pengukus  (steamer), pemanggang (griller).
(b). Macam-macam panci dan wajan , diantaranya : stock pot, frying   
      pan,omelette, sauce pan dan braise pan.
(c). Cetakan misalnya cetakan poding, pie, kue kering, kue basah dan  
                      cetakancake. Bahan dapat dibuat dari stainlesteel, aluminum dan kaca tahan panas.
(d).Alat pengaduk, yang tergolong alat ini adalah : sendok sayur    
sendok  pengambil nasi, sutil, spatula wood, iron spatula, serok, terdapat dalam berbagai ukuran. Bahan dapat terbuat dari stainlesteel, aluminium dan kayu







14
·         Spatula
Spatula terbagi atas dua jenis, yaitu spatula plastik dan spatula besi. Penggunaannya juga berbeda. Jika spatula plastik digunakan untuk mengaduk adonan kue, maka spatula besi digunakan untuk mengaduk makanan yang masih dalam keadaan panas.Berbahan dasar       : pelastik dan besi








·         Bowl (mangkuk)       
Sebagai wadah untuk makanan yang akan diolah.   Bahan dasar : plastik,alumnium.
           

·         Irus
Irus adalah alat untuk mengaduk sayur atau masakan berair yang terbuat dari tempurung kelapa, besi alumunium, dan lain-lain.



·         Centong
            Centong adalah alat untuk mengambil nasi yang terbuat dari kayu. Centong kinu juga ditemui dalam bahan plastik, besi alumunium, dan lain sebagainya.

15

·         Alat cetakan pastel dan mie
Jenis : alat masak modern
Fungsi : mempermudah , membuat mie, pastel,kulit kue isi,dan pasta lainya.
Bahan dasar : stainless steel.








Ø   Perlengkapan Masak
Alat masak yaitu semua alat yang digunakan untuk memasak atau mematangkan bahan makanan yang telah dipersiapkan, seperti kompor, yaitu alat masak yang paling vital. Ada tiga macam kompor yang sering atau lazim digunakan, yaitu kompor minyak tanah, kompor gas, dan kompor listrik. Banyak macam kompor yang dipasarkan, dengan berbagai macam merk dagang dan kualitas. Namun, dapur yang  sederhana atau primitive masih menggunakan bahan bakar kayu atau arang dan briket (batu bara). Oven, steamer, titling pan, griller
 Perlengkapan masak
            Perlengkapan masak dapat dikelompokan menjadi perlengkapan masak yang digunakan diatas kompor atau tungku, dan perlengkapan masak yang digunakan di dalam oven, serta alat perlengkapannya.

Alat pelengkap masak
       Yang dimaksud dengan alat ini , misalnya sodet dan serok sebagai pelengkap alat penggoreng (wajan). Alat ini juga mempunyai ukuran dan bentuk yang berlainan, tergantung dari kegunaannya, misalnya untuk mengangkat bawang goreng, lubangnya
16
lebih halus daripada serok untuk mengangkat kerupuk. Adapula irus atau sendok sayur yang bentuknya juga bermacam-macam, misalnya irus yang berlubang, yaitu alat untuk meniriskan sayuran setelah direbus. Selain itu, ada centong atau sendok nasi, sendok kayu untuk mengaduk-aduk masakan seperti bubur, podeng, dan saus.

1.Panci

       
Sebagai alat perebus  yang berbahan dasar stainless stell dalam berbagai macam ukuran dan bentuk serta kualitas. Ukuran panci mulai dari volume 1/2 L sampai 20-50 L / lebih. Bentuk panci bertangkai disebut panci tangkai, dan panci yang bertelinga 2 kiri kanan, ada yang bertutup dan ada yang tanpa tutup. Panci juga bervariasi  ada yang berdangkal dan ada yang berdalam. 




2. Ketel / Ceret

       
Ketel/ceret adalah alat masak yang berbahan dasar stainless stell. Alat ini biasa digunakan untuk merebus air. Ketel/ceret  ada yang di lengkapi dengan pluit yang dapat berbunyi bila air telah mendidih.  Ukuran alat  ini sangat bervariasi dari mulai yang sedang sampai ukuran yang paling besar. Cara perawatannya  mencuci dengan spoons yang lembut  setelah digunakan  agar bagian ceret/ketel tidak tergores , jangan lupa untuk memersihkan lubang ceret/ketel.









3.Dandang/risopan/soblokan

       
Perlengkapan  untuk menggukus  alat menggukus tradisional terdiri atas 2 bagian, bagian bawah untuk tempat air, bagian atas kukusan yang dibuat dari anyaman bambu.  Bagian bawah tempat air dibuat dari tembaga atau tanah. Pengukus ini biasanya digunakan untuk mengukus nasi. Jika makanan, pengukusnya disebut langseng. Langseng dan dandang mempunyai  model yang berbeda langseng mempunyai lubang yang besar. Model dan besarnya pengukus ini bervariasi. Ada yang cukup untuk ½ kg beras dan 1kg beras.







4. Wajan
           
Perlengkapan untuk memasak yang berfungsi untuk menggoreng. Macamnya bervariasi
1. wajan berbentuk cekung
2. wajan berbentuk datar bertangkai atau di sebut wajan dadar
3. wajan dalam berbentuk seperti panci dengan sarangan di bagian dalam
       Wajan cekung biasa untuk meamsak untuk sehari-hari dilengkapi dengan susuk/sodet yaitu sendok untuk mengaduk pada waktu menggoreng,dan serok,yaitu alat untuk mengangkat makanan yang sudah matang. Besar,model bervariasi. Wajan yang berberbentuk  seperti panci digunakanan untuk menggoreng yang berjumalah banyak atau berukuran besar yang membutuhkan minyak goreng yang banyak. Dapat untuk menggoreng satu ekor ayam yang utuh.








5. Panci tim
Panci tim merupakan salah satu alat mengetim yang biasa digunakan untuk mengetim coklat dll. Cara kerja alat ini, mengandalkan pada panas air yang tersedia. Mesin terbuat dari bahan stainless steel sehingga awet dan tidak mudah berkarat. 


6. Jumbo deep fryer
Jenis : alat penggoreng modern
Fungsi  : untuk menggoreng, memasak air, dan menggukus ,  untuk steaming   sayuran ,Bahan dasar: aluminium dan anti lengket
7.KOMPOR
1. Tungku
        Tungku adalah
alat yang dipergunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar. Anglo adalah alat pemasak yang termasuk tradisional dan masih banyak dipakai di daerah pedalaman dan daerah miskin. Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata.

2. Anglo
        Anglo adalah alam memasak yang dijalankan dengan bahan bakar arang terbuat dari besi atau tanah liat.





3. Kompor Minyak Tanah
        Kompor untuk memasak makanan dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah. Kompor minyak tanah tergabung dari banyak komponen seperti tali sumbu, tempat minyak, cerobong api, tempat panci dan lain-lain.




4. Kompor Gas
        Kompor gas digunakan dengan bahan bakar gas alam atau liquid petroleum gas alias lpg. BBG banyak disukai karena emisi buangan yang bersih dan hasil pembakaran yang baik.


6. Kompor Briket Batubara
        Kompor briket menggunakan potongan-potongan batubara sebagai bahan bakarnya. Sekali dinyalakan kompor briket tidak dapat dimatikan, sehingga perlu diperhitungkan jumlah briket yang dipakai sebelum memasak agar tidak terjadi pemborosan yang tidak perlu.





7. Oven atau Microwave

Oven dan Microwave sama-sama memanaskan suatu ruangan yang sebelumnya telah diisi makanan yang hendak dimasak. Oven bisa berbahan bakar gas, minyak tanah, briket dan lain sebagainya. Microwave biasanya menggunakan energi listrik yang diubah menjadi gelombang microwave yang sangat panas.



 Sementara itu, perlengkapan masak yang dipergunakan di dalam oven,antara lain pinggan tahan panas. Loyang digunakan untuk membakar kue dengan berbagai bentuk dan ukuran perlengkapan memasak ini mempunyai fungsi ganda,yaitu memasak, sekaligus menghidangkan makanan ukuran bentuk model dan kualitas sangat bervariasi. Hidangan yang ada airnya dapat digunakan mangkuk besar atau bowl kadang-kadang sudah dilengkapi dengan irus dan cankir/gelas.

Ø   ALAT DAPUR ELEKTRONIK

Alat Dapur Elektronik
            Sesuai dengan perkembangan teknologi dalam bidang alat seni memasak atau kuliner, maka tercipta berbagai macam alat dapur elektronik, yaitu alat yang dioperasikan dengan tenaga listrik. Alat ini sangat praktis, cepat, menghemat waktu, bersih, dan hasilnya baik. Kelemahan dari alat dapur elektronik ini sangat tergantung dari aliran listrik didalam rumah. Jenis alat dapur elektronik itu sebagai berikut.

·           Juicer, alat untuk membuat jus buah atau sayuran yang dapat sekaligus memisahkan sari atau air buah dengan ampasnya, disebut food-extractor.pisau untuk menghancurkannya terbuat dari besi sedangkan wadahnnya terbuat dari pelastik atau dari kaca.
    
·         Pressure-cooker, panic dengan diberi tekanan tertentu sehingga dalma waktu singkat dapat mengempukkan daging atau ikan dengan sekaligus tulangtulangnya. Dan  ini bisa menggunakan dengan memakai teknik memasak Pressure  Cooking. Berbahan dasar plastik, aluminium, lapisan anti lengket/non stick.

·         Toaster, alat untuk memanggang roti dengan cepat. Bahan dasar : plastik, aluminium, lapisan anti lengket/non stick

·                    Microwave(Oven)
Jenis : alat masak modern
Fungsi : Microwave oven, oven yang dapat memanaskan masakan dengan singkat, misalnya akan memanasi ayam panggang, cukup 3-4 menitsudah panas sekali. Baik sekali untuk menyelesaikan atau mematangkan makanan setengah jadi. Juga dapat digunakan untuk melelehkan bahan makanan yang jadi beku, misalnya ayam yang baru dikeluarkan dari dalam lemari freezer.
Bahan dasar :  logam,stainless
Cara perawatanya : 1. membersihkan sisa makanan
yang tertinggal di mikrowave
2. gunakan perasan jeruk lemon untuk melunakan    sisa noda yang menempel.
3. tutup selalu pintu bagian depan mikrowave, pintu yang tidak tertutup  sempurna memperbesar konsumsi energi listrik yang diserap.











·                    Rice cooker 
Jenis: alat memasak nasi modern
Fungsi : memasak nasi ,  menghangatkan nasi terus menerus , mengukus , dan memanaskan makanan.
Bahan dasar : plastik, aluminium, lapisan anti lengket/non stick















·                Grill (pemanggang daging)
Jenis :alat pemaggang  modern
Fungsi : memanggang daging dengan alat pemanggang cepat panas,dan matang merata
Bahan dasar : aluminium , stainless steel









·                Blender   
Jenis : alat masak modern
Fungsi : untuk menghancurkan , menghaluskan bahan makanan.
Bahan dasar : kaca dan plastik.
Cara perawatanya : bersihkan seluruh bagian blender setelah digunakan sebersih mungkin, dan keringkan . Letakan di tempat terbuka agar tidak mudah berkarat.













·                    Kompor Listrik
             Kompor listrik, kompor yang dijalankan dengan bahan bakar
listrik, kompor ini mahal dan bila listrik mati maka tak dapat dipergunakan. Namun, kompor ini sangat praktis dan bersih karena tak ada asap atau tak terlihat nyala apinya.




·                    Food procesor
Digunakan untuk memotong bahan makanan. Bahan dasar : kaca dan plastik.cara perawatannya sama halnnya dengan belendder



·           Mixer
Mixer ini biasa digunakan untuk membuat adonan kue. Mixer ini bekerja dengan mengandalakan tenaga listrik yang tersedia. Bahan dasar :  aluminium , stainless steel

Ø ALAT PENYAJIAN / ALAT HIDANG ( Alat Makan dan Minum)

alat penghidang makanan
Alat penghidang makanan adalah semua alat yang digunakan untuk menghidangkan makanan yang akan disajikan diatas meja penghidang atau meja makan. Mulai dari alat penutup meja (alat dasar meja), taplak, dan ada yang dilengkapi dengan kain penutup kaki meja hingga perlengkapan penyajian makanan/hidangan.
Alas meja biasanya lebih tebal dan polos, sedangkan taplak meja sangat bervariasi menurut selera dan keserasian dengan keadaan sekelilingnya. Demikian pula kain penutup kaki meja.
Alat penghidang berikutnya, antara lain perlengkapan penyajian hidangan/makanan, seperti tempat nasi yang mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Tempat  nasi ini biasanya berlubang-lubang dan dilengkapi dengan sendok nasi/centong yang serasi dengan tempat nasi. Pinggan cekung dapat digunakan untuk masakan yang berkuah, dan pinggan agak cekung untuk masakan yang sedikit kuah, sedangkan pinggan datar untuk masakan kering. Bentuknya berbeda-beda, ada yang bulat, lonjong, dan segi empat, serta ada yang bertutup dan tak bertutup. Alat-alat penghidang ini ada yang polos, berwarna, danbermotif. Alat penghidang  ini dilengkapi dengan sendok atau garpu penghidangnya sesuai dengan kegunaanya. Untuk menghidangkan masakan yang harus selalu panas, diciptakan pinggan yang dilengkapi dengan perapian atau kompor kecil yang dapat dinyalakan selama makanan dihidangkan  di atas meja. Pinggan dan alat perapian merupakan satu kesatuan alat penghidang. Memiliki berbagai ukuran dari yang paling kecil sampai yang besar untuk makanan missal.
            Selain itu, adapula alat pelengkap di meja, seperti botol-botol kecil untuk tempat kecap, garam halus, dan lada halus. Alat penghidang lainnya berupa keranjang yang menarik untuk tempat buah-buahan segar yang tidak dikupas. Untuk meghidangkan buah-buahn yang dikupas atau dipotong-potong dapat menggunakan piring besar, sedangkan untuk hidangan slada buah atau hidangan yang ada airnya, dapat menggunakan mangkok besar atau bowl yang kadang-kadang sudah dilengkapi dengan irus dan cangkir/gelas.
            Podeng dapat dihidangkan dalam piring datar besar seperti nampan. Tentunya perlu disesuaikan dengan besarnya podeng yang dihidangkan. Saus podeng dapat ditempatkan dalm bowl yang dilengkai dengan sendoknya.

Alat makan dan alat minum
         Alat makan ialah seperangkat alat yang langsung digunakan sebagai wadah hidangan atau minuman yang akan digunakan oleh tamu. Jenis alat makan yang digunakan sesuai dengan pola makan atau kebiasaan makan berikut ini contoh alat makan yang biasa digunakan sehari-hari.
         Alas piring, berupa piring besar dan ceper atau datar. Piring ceper ditaruh diatas alas piring, dan diatas piring ceper ada piring cekung. Piring cekung ini biasanya untuk makan hidangan sup, soto, atau sejenisnya.
  
         Piring kecil tempat tempat tulang atau duri atau apa saja yang akan disingkirkan. Piring ini diletakkan disamping piring makan sebelah kanan agak ke depan.
      
         Sendok dan garpu makan, serta sendok sup.
         Pisau makan dan pisau buah. Biasanya untuk memotong hidangan daging, dan pisau buah untuk mengupas atau memotong buah.
         Mangkok tempat air pencuci tangan.

         Serbet makan atau serbet tangan. Bila kecil diletakkan disamping pring makan, dan bila berukuran besar maka diletakkan dipangkuan pada saat sedang makan. Dalam penyajiannya, biasanya dibuat suatu bentuk lipatan yang menarik. Serbet itu diletakkan disebelah kanan piring di ujung sendok makan atau di atas piring makan atau alas piring.
Alat minum adalah seperangkat alat minum yang biasanya digunakan pada suatu jamuan seperti:
         Cangkir dan tatakannya, yang sangat bervariasi ukuran, bentuk, warna dan motif;
         Sendok kecil atau sendok teh;
         Tempat gula pasir yang bertutup dan dilengkapi dengan sendoknya;
         Tempat susu cair atau susu bubuk; biasanya tidak bertutup dan  berbentuk paruh di bagian atas agar mudah untuk menuang.
         Berbagai macam gelas
Kelompok alat minum ini biasanya dilengkapi dengan piring kecil atau piring kue yang berbentuk datar atau cekung. Juga dilengkapi sendok kecil untuk kue atau garpu kue. Untuk menyediakan tisu dengan berbagai macam bentuk dan motif.


Pelengkap alat makan

1)      Sendok teh, pisau makan, garpu makan, dan sendok makan (atas, dari kiri ke kanan);
2)      Sendok sup, pisau makan, garpu makan, sendok makan dan garpu kue ( bawah, diri kiri ke kanan)
3)      Penghalus kentang irus berlubang, sodet, sodet plastik, sodet pendek, sodet berlubang, spatula, sendok sayur, sendok nasi, irus, spatula berlubang, pengocok telur, pemotong telur rebus, dan aneka pisau (tengah dari kiri ke kanan).

                        Perlengkapan alat makan bisnnya terbuat dari stainless, plastik atau sejenis baja pembuat pisau. Cara perawatannya juga tidak susah dibilasdengan air mengalir dan di kash sabun bila perlu dan dikeringkan.



Ø Mencuci Piring Moderen (DISHWASHER)

            Alat yang satu ini kurang populer penggunaannya oleh masyarakat Indonesia keculai oleh kalangan tertentu saja, masyarakat kita lebih menyukai cara mencuci piring dengan cara-cara lama yaitu dengan menggunakan tangan secara langsung, padahal dengan menggunakan mesin pencuci piring otomatis maka banyak keuntungan yang didapat, diantaranya yaitu:

ü Hemat waktu, dengan menggunakan mesin cuci piring ini maka waktu yang diperlukan untuk membersihkan peralatan yang kotor lebih cepat bila dibandingkan dengan mencuci piring dengan menggunakan tangan secara langsung, saat semua peralatan sedang disuci dengan mesin maka kita dapat melakukan pekerjaan lain sambil menunggu mesin tersebut menyelesaikan tugasnya.
ü  Hemat air, air yang diperlukan untuk mencuci peralatan  lebih sedikit karena air yang dialirkan menggunakan sistem semprot bertekanan, jadi tentu saja air yang digunakanpun menjadi lebih sedikit.
ü lebih higienis, karena tanpa campur tangan kita, dan saat peralatan dibersihkan tidak ada celah atau ruang yang terhubung ke luar jadi tidak terjadi kontaminasi dari udara luar.
ü Lebih bersih, air yang telah bercampur sabun pencuci piring akan disemprotkan dengan sebuah tekanan sehingga mengakibatkan terlepasnya kotoran yang melekat pada peralatan yang kotor.
ü  Kotoran akan langsung dibuang/dialirkan ke saluran pembuangan.

Cara memakai mesin pencuci piring
ü  Buka tutup mesin pencuci piring, lalu letakkan semua peralatan pada rak yang tersedia sesuai dengan tempatnya masing-masing.
ü  Masukkan sabun cair khusus pencuci piring ke tempat yang tersedia.
ü  Masukkan rak ke dalam mesin pencuci piring.lalu tutuplah mesin cuci anda 
ü  Setelah mesin dinyalakan maka air akan disemprotkan di dalam mesin, dengan bantuan sebuah baling-baling maka air tersebut akan disemprotkan ke segala arah.
ü  Setelah proses mencuci selesai keluarkanlah semua peralatan dari dalam alat pencuci piring lalu simpanlah di tempat yang telah anda sediakan, misalnya di dalam kitchen set.

Tips merawat mesin pencuci piring:
ü  Periksa bagian rak rak pencuci kalau-kalau ada kotoran yang melekat, apabila lada bersihkan dengan spon lalu bilas.
ü  Hindari mencuci peralatan atau benda-benda yang mengandung minyak, asam, karat, cat.
ü  Janganlah membuka tutup mesin cuci piring saat mesin sedang bekerja/digunakan.
ü  Untuk peralatan yang tajam dan panjang seperti pisau, sebaiknya didiletakkan secara mendatar, dan bagian yang tajam menghadap ke atas atau kle bawah, hal ini berguna agar alat tersebut dapat bersih secara menyeluruh ke setiap bagiannya.

1 komentar:

  1. Harrah's Casino site is the latest gambling
    Harrah's is a casino site and for the luckyclub.live very best in entertainment, Harrah's has been a trusted company since 1993, with more than 400 employees.

    BalasHapus